Cari Blog Ini

Rabu, 19 Desember 2012


Ketakutan Israel Atas Pesawat Tanpa Awak Milik Hizbullah


Pesawat tak berawak (Foto: AFP)

TEL AVIV - Israel takut akan kemampuan pesawat tanpa awak yang dimiliki kelompok Hizbullah. Israel menyatakan, pesawat tanpa awak Hizbullah tersebut dapat dipasang dengan bom untuk menyerang wilayah Israel.

Oktober lalu, militer Israel menemukan sebuah pesawat tanpa awak milik Hizbullah sedang terbang di wilayah Israel. Peristiwa tersebut merupakan yang pertama kalinya pesawat Hizbullah berhasil memasuki wilayah negara Yahudi itu. Demikian diberitakan Israel National News, Kamis (20/12/2012).

Pihak Israel menyatakan, pesawat tanpa awak tersebut dapat digunakan untuk membawa bom ke wilayah Israel. Dengan menggunakan pesawat, maka Hizbullah dapat menempatkan bomnya ke target yang diinginkannya dengan tepat.

Sebuah ledakan besar terjadi di wilayah perbatan yang dimilkiki Libanon dengan Israel Minggu 15 Desember lalu. Pihak Hizbullah menuduh ledakan tersebut diakibatkan oleh serangan udara yang dilakukan oleh militer Israel.

Banyak pihak menyebut Israel melakukan serangan ke wilayah Lebanon untuk mencoba memusnahkan pesawat tanpa awak yang dimiliki oleh Hizbullah. Walaupun begitu, pihak Israel sendiri tidak mau mengomentari tuduhan dari Hizbullah tersebut.

Hizbullah adalah organisasi militan kelompok Syiah di Lebanon. Saat ini Hizbullah menguasai wilayah selatan Lebanon yang berbatasan dengan Israel. Hizbullah dan Israel seringkali terlibat dalam konflik, salah satunya dalam Perang Lebanon yang terjadi tahun 2006 lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar